-"Everything that has a beginning,has an end"-

Jumat, 16 Maret 2012

[Reposted] Crawler,kendaran raksasa pengangkut Space Shuttle

well.karena pageviews nya paling banyak,jadi tak repost.
semoga bermanfaat


Selama lebih dari 40 tahun, crawler kembar-transporter di NASA's Kennedy Space Center telah dijalani jalur kerikil antara Majelis Kendaraan besar Bangunan dan dua bantalan peluncuran di Kompleks Peluncuran 39. Hewan-hewan raksasa yang pertama membawa semua roket Saturn V Apollo telah sejak dilahirkan setiap pesawat ulang-alik di kaki terikat Bumi terakhir dari perjalanan mereka ke ruang angkasa.
Teknologi yang digunakan untuk membangun, besar crawler dapat diandalkan mampu tugas Hercules tersebut sangat berakar di daerah mana mesin-mesin raksasa digali dan diekstraksi urat batubara. teknologi itu membantu Marion Power Shovel Perusahaan Marion, Ohio, memenangkan kontrak untuk membangun raksasa yang akan mengangkut-terikat Apollo bulan roket Saturnus V untuk landasan peluncuran mereka di tepi laut.

 
Philip Koehring menghabiskan hidupnya bekerja untuk perusahaan yang membangun mekanik raksasa ini, dan di awal 1960-an, banyak beban mengadaptasi teknik ini tahu-bagaimana kebutuhan NASA jatuh di pundaknya.
"Ini adalah mesin yang dibangun untuk terakhir," kata Phil Koehring, anak desainer engineering crawler ', dalam memperingati ulang tahun ke-40 kendaraan. "Ada banyak penentang tentang program ini pada hari-hari awal, dan aku bisa bilang," Kami telah menunjukkan mereka! ""
Mengadaptasi teknologi yang kokoh untuk Space-Age kebutuhan membawa banyak tantangan. Seperti semua kegiatan utama yang pertama dari jenisnya, proyek tersebut memukul beberapa hambatan di sepanjang jalan.

Setelah tes Juli 1965 di Kennedy, potongan dan baja perunggu yang ditemukan di permukaan crawlerway itu. Itu ditentukan bantalan mendukung crawler's - tentang ukuran kaleng jus jeruk beku - tidak dapat menangani beban yang diberikan selama bergantian.
Koehring ingat ayahnya kembali dari perjalanan ke Florida. "Aku ingat dia akan kembali pada suatu malam dari perjalanan membawa tas, kanvas kecil bit bantalan saya ingat. Benar-benar memegang beberapa dari mereka di tanganku. Bukan waktu paling bahagia.
Masalah telah diganti dengan bangga sebagai dua crawler masuk ke layanan, tapi diragukan bahwa desainer crawler 'pernah bisa membayangkan penciptaan mereka masih akan pindah kendaraan peluncur ke abad ke-21 sebagai Space Shuttle Program menarik untuk dekat.
"Ketika mereka membangun crawler, mereka overbuilt, dan itu hal yang bagus karena mampu bertahan selama bertahun-tahun saya pikir. Ini adalah mesin besar yang bisa bertahan lagi 50 tahun jika perlu," kata Bob Myers, yang berfungsi sebagai sistem insinyur untuk crawler hari ini
.
Meskipun Myers mulai bekerja pada crawler tahun 1983, kemampuannya masih heran dia. "Itu yang mampu bergerak antar-jemput dan semua komponen dan platform peluncur mobile Maksudku,. Kita sedang berbicara sekitar 12 juta pound, kendaraan sendiri yang 6 juta Anda miliki. Sekitar £ 18.000.000 bergulir di jalan."


 
Statistik
Tinggi: 20-26 kaki
Ukuran: 31feet 
panjang, 113 kaki 
Berat: £ 5500000
Kapasitas Bahan Bakar: 5.000 galon
Konsumsi bahan bakar: 42 kaki per galon, 
galon per mil 125,7
Kecepatan maksimum: 2 mph 
Tred-sabuk sepatu: 456 
Tred-belt ukuran sepatu: 7,5 kaki 
panjang, 
lebar 1,5 meter, £ 2200 masing-masingBuilder: 
Marion Power Company Shovel




Sifat kritis peluncuran panjang ke landasan tidak hilang di crawler manajer Ray Trapp. "Mungkin selain peluncuran dan pendaratan, salah satu saat paling penting untuk kendaraan adalah antara VAB dan pad," jelas Trapp. "Tidak ada perlindungan cuaca, tidak ada proteksi petir, jadi sangat penting bahwa semua sistem kami berfungsi dengan baik dan aman dari waktu kita meninggalkan keselamatan Kendaraan Majelis Bangunan sampai kita keluar ke landasan peluncuran. Selama enam jam atau jadi sementara kita keluar pada crawlerway, itu tim saya dan crawler mendapatkan kendaraan ke pad, dan itu saat kritis. "
Jadi dengan semua yang berat dalam gerak, apa rasanya mengemudi crawler? "Salah satu hal tentang mengemudi crawler adalah Anda harus merencanakan ke depan, karena jelas itu tidak menyala sepeser pun," kata Trapp. "Jadi, Anda harus benar-benar berada di permainan Anda dan berpikir ke depan tentang di mana Anda inginkan, satu, dua, tiga menit sebelum waktunya."
"Crawler adalah seperti lokomotif diesel Itu-listrik -. Ada dua mesin diesel, yang menghasilkan arus DC - yang adalah apa yang membuat kita bergerak," ia menjelaskan. "Para kemudi dan pengangkat dan elevasi dari crawler, sasis dan peluncur mobile, itu semua dilakukan oleh hidrolika. Semua itu pada dasarnya adalah drive-by-wire, jadi ada roda kemudi di dalam taksi."
"Roda kemudi tentang ukuran seorang pembalap go-cart," Myers menambahkan, "tapi itu roda kemudi ternyata beberapa silinder besar."
Dan sementara segera tidak akan ada angkutan lagi untuk feri ke landasan peluncuran, crawler terpercaya tampak sepenuhnya mampu bergerak kendaraan peluncur masa depan. "Melihat program antar-jemput datang berakhir benar-benar akan menjadi hari yang menyedihkan bagi kami, tak diragukan lagi. The crawler sebenarnya telah melewati Apollo dan Shuttle, jadi sudah ada sejak lama Kami. Ingin melihatnya melanjutkan ke program lain, "kata Myers. "Penjelajah siap untuk pergi Ini dapat mengambil apa saja yang Anda melemparkan di itu.."
Pelajari lebih lanjut tentang peluncuran pesawat ruang angkasa untuk landasan peluncuran kapal crawler.


 
Cheryl L. MansfieldNASA's John F. Kennedy Space Center

Tidak ada komentar: